Cara Cek Nomor NA BPOM

Pernah mendapat pengalaman kurang menyenangkan akibat membeli produk kosmetik sembarangan? Selain bisa berpotensi mendapatkan produk palsu, asal membeli produk kosmetik bisa berujung kerusakan kulit karena terkena bahan-bahan yang ternyata berbahaya.

Nah, ketika membeli produk kosmetik sebaiknya kamu memeriksa dengan seksama apakah produk tersebut sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Sebab BPOM RI bertugas menguji, memberikan izin, serta memastikan produk yang beredar aman digunakan oleh masyarakat.

Berbagai kasus terkait pelanggaran terhadap peredaran produk kosmetik di negeri kita akhir-akhir ini semakin marak. Seperti pemakaian bahan merkuri. Bahkan terakhir santer dibicarakan bahwa hanya 2% dari produk buatan China yg terdaftar di BPOM. Berbagai kasus itu mengindikasikan bahwa ada yang salah dengan sistem pengawasan produk kosmetik di negeri ini. Hal itu ironis mengingat konsumsi masyarakat terhadap produk kosmetik Indonesia cenderung meningkat. Sayangnya, konsumen tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk yang dikonsumsinya itu, apakah sudah tepat, benar, dan aman. Karena itu, Indonesia memerlukan sistem pengawasan produk kosmetik yang efektif dan mampu mendeteksi, mencegah serta mengawasi produk-produk guna melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan konsumen.

Pemerintah melalui Keppres Nomor 166 Tahun 2000 dan Nomor 103 Tahun 2001 membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bertugas, antara lain memberi izin dan mengawasi peredaran obat serta pengawasan industri farmasi. Karena sejauh ini pendaftaran makanan dan minuman untuk seluruh wilayah Indonesia ditangani langsung oleh Direktorat Penilaian Keamanan Pangan, BPOM, ada cara mudah untuk mengecek apakah produk yang kita beli benar-benar telah terdaftar di BPOM.  Berikut langkah-langkah untuk memastikan nomor BPOM suatu produk benar-benar terdaftar atau

1. Lihat nomor BPOM di kemasan produk kosmetik

Pertama pastikan kalau produk yang kamu gunakan memiliki nomor registrasi BPOM. Nomor BPOM pada produk adalah tanda bahwa produk tersebut sudah lolos uji dan dipastikan aman untuk digunakan.

Nomor BPOM ini biasanya terletak di bagian belakang atau di bawah kemasan produk kosmetik. Urutan nomor terdiri dari 2 huruf dan 11 angka. Jika jumlahnya kurang dari itu atau bahkan tidak ada sama sekali berarti kamu patut mencurigai keaslian dan keamanan produk kosmetik yang kamu gunakan tersebut.

2. Cek nomor BPOM di website resmi BPOM untuk memastikan

Supaya semakin yakin dengan produk kosmetik yang kamu gunakan, coba cek nomor registrasi BPOM produk kosmetikmu. Buka situs resmi BPOM untuk mengetahui apakah nomernya sudah terdaftar. Ketik URL https://cekbpom.pom.go.id/ di browser kamu. Setelah situsnya terbuka, kamu akan melihat tampilan seperti gambar di atas.

 

Tampilan tersebut adalah halaman muka website BPOM. Di halaman depan itu, kamu bisa melihat statistik produk yang telah mendapatkan persetujuan edar dari BPOM. Mulai dari produk terbaru yang izinnya dikeluarkan 7 hari terakhir, sebulan terakhir, hingga 1 tahun terakhir.

3. Masukkan nomor BPOM produk kosmetik yang ingin kamu cek

Untuk mengetahui produk yang kamu gunakan terdaftar di BPOM atau tidak, kamu bisa langsung mengeceknya di situs resmi BPOM. Di halaman muka situs BPOM masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk kosmetikmu. Setelah itu klik tombol “Cari”.

4. Sesuaikan nomor BPOM dengan jenis kosmetik

Ketika sudah menekan tombol cari, maka kamu akan diarahkan masuk ke halaman khusus yang berisi keterangan produk. Kemudian sesuaikan nomor BPOM dengan nama dan jenis kosmetik yang kamu miliki. Tak hanya nama dan jenis kosmetik, di halaman tersebut bahkan kamu bisa melihat jenis tekstur produk kosmetik, kemasan, hingga nama produsen yang memproduksi produk tersebut.

Jika nomor registrasi BPOM yang kamu masukkan ke dalam situs tidak terdaftar maka kemungkinan produk yang kamu miliki belum lulus uji dari BPOM. Selain itu, jika nomornya tidak sesuai dengan ketentuan BPOM bahkan bisa jadi produk yang kamu miliki itu palsu.

5. Cek juga merek kosmetik di website resmi BPOM

Jika tidak dapat menemukan nomor registrasi BPOM di kemasan kosmetik milikmu, kamu juga bisa mengeceknya berdasarkan nama produk, merek, hingga bentuk produk kosmetik tersebut. Cukup lengkap, ya?

Sebagai bocoran, jika kamu mencari berdasarkan merek kosmetik maka kamu bisa menemukan semua jenis produk dari merek tersebut, lho. Termasuk produk-produk yang bahkan belum di launching ke pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *